Ukuran Genset Perlu Jadi Patokan Pada Saat Pembelian

Genset merupakan benda yang dibutuhkan sebagian besar orang terutama ketika pasokan listrik utama mengalami gangguan. Bukan hanya untuk industri, kalangan rumah tangga juga membutuhkannya.

Ukuran Genset Perlu Jadi Patokan Pada Saat Pembelian
Image : bhinneka.com

Genset merupakan benda yang dapat menghasilkan listrik lewat pembakaran bahan bakar. Benda ini dapat mudah ditemukan di toko terdekat maupun toko online yang menyediakan genset di Indonesia.

Perlu Anda ketahui ukuran genset itu beragam. Berikut ini cara untuk mengetahui ukuran atau kapasitas genset yang tepat. .

Cara Menghitung Ukuran Genset

Setelah sedikit membahas mengenai istilah generator set, maka kali ini akan ada penjelasan mengenai cara menghitung ukuran kapasitas genset. Saat ini mesin genset bisa digunakan untuk menyuplai listrik ketika listrik PLN sedang bermasalah.

Untuk ukuran kapasitas genset saat ini begitu beragam ada yang 250 kVA, 1000 kVA hingga 10.000 kVA. Untuk genset rumahan, bisa menggunakan genset kecil misalnya yang berkapasitas 1000 watt atau 2500 watt bergantung kebutuhan. Sedangkan untuk industry membutuhkan kapasitas genset yang lebih besar.

Yang perlu diketahui juga bahwa kebanyakan orang awam menganggap bahwa KVA menunjukkan nilai Watt. Sebenarnya keduanya berbeda.

Yang bisa dijadikan acuan untuk anda dalam menghitung kebutuhan genset adalah satuan KW. Perlu untuk anda ketahui, bahwa 1 KW = 1000 Watt. Anda mungkin masih bingung bahwa genset hanya menerapkan KVA saja bukan.

Ada nilai baku tersendiri yang perlu untuk anda ketahui bahwa 1 KVA = 0,8 KW (800 Watt). Dari adanya patokan nilai baku perhitungan KVA dalam Watt itulah yang menjadi rumus untuk mengukur kapasitas dari genset.

Selain itu, saat membeli generator set perlu memperhitungkan ukuran genset yang tepat. Di sinilah perlunya perencanaan yang matang agar genset yang dibeli dapat sesuai kebutuhan.

Mengenai Jenis Generator Set

Setelah menentukan ukuran genset yang sesuai maka anda perlu mengerti tentang jenis-jenis genset. Dengan mengetahui jenis generator set maka akan memudahkan anda untuk melakukan pembelian genset online atau offline yang berkualitas bagus.

Perlu untuk anda ketahui bahwa ada beberapa jenis generator set yaitu open type, silent type, dan mobile type. Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis genset tersebut.

1. Open Type

Generator set dengan jenis open type ini memiliki keunggulan yaitu mudah melakukan perawatan dan pembersihan. Selain itu, saat perbaikan kerusakan bisa dilakukan dengan mudah oleh teknisi. Untuk kelemahan generator set jenis open type ini adalah suara mesin yang begitu berisik.

Dengan adanya suara berisik tersebut dapat mengganggu orang-orang disekitar. Bukan hanya itu saja, kelemahan lainnya adalah hanya bisa ditempatkan di dalam ruangan. Genset ini tidak tahan akan cuaca ekstrim sehingga harus memiliki tempat yang terlindung dari panas dan hujan.

2. Silent Type

Silent type adalah jenis kedua generator set. Keunggulannya yaitu terdapat casing untuk meredam suara berisik dari mesin. Selain itu, tipe genset ini lebih tahan terhadap cuaca. Untuk kelemahannya yaitu harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga genset open type.

3. Mobile Type

Mobile type adalah jenis terakhir yang perlu anda ketahui. Jenis genset ini memiliki keunggulan yaitu mudah untuk dipindahkan karena dilengkapi dengan roda. Untuk kelemahannya yaitu harga yang lebih mahal dibandingkan kedua jenis genset.

Setelah mengetahui cara mengetahui ukuran genset yang tepat, saatnya memilih tempat penjualan genset terbaik. Anda bisa membeli genset online di Bhinneka.com.

Banyak pilihan genset terbaik berkualitas yang disediakan oleh toko online ini. Didukung dengan banyak supplier menjadikan Anda memiliki banyak pilihan tipe genset yang ready stock saat ini.

Pembelian genset online lewat Bhinneka.com terjamin aman. Toko online ini sudah sejak lama dikenal sebagai toko belanja online terpercaya di Indonesia.

Jutaan konsumen sudah dilayani oleh Bhinneka dari Sabang hingga Merauke. Anda pun dapat lebih tenang saat melakukan pembelian genset di tempat ini karena adanya garansi.

So, untuk beli genset beragam ukuran, langsung saja Anda dapat membukanya di Bhinneka.com. Cari genset yang Anda butuhkan di Daftar Genset Bhinneka.com dan langsung lakukan order secara online.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.