Pengertian dan Macam-Macam Zakat Online

Zakat yang sering diketahui masyarakat yaitu zakat yang dilaksanakan ketika bulan Ramadan yang biasa disebut dengan zakat fitrah. Sebenernya zakat tidak hanya itu saja. Ada beberapa macam zakat yang harus dilaksanakan, tetapi memang kebanyakan masyarakat hanya mengetahui salah satunya. Padahal apapun jenis zakatnya, berzakat tetap merupakan suatu kewajiban.

zakat online

Menunaikan zakat merupakan kewajiaban umat muslim yang juga termasuk sebagai rukun islam. Menunaikan zakat sama berarti dengan melaksanakan rukun islam yang ke-4. Tujuan zakat salah satunya adalah untuk mensucikan diri dari sifat tamak. Pada jaman digital saat ini melakukan zakat bisa melalui via aplikasi. Dengan adanya perkembangan teknologi, melakukan zakat melalui online merupakan solusi yang tepat di jaman sekarang.

Pengertian Zakat Online

Zakat merupakan kata yang berasal dari kata zakaa yang mempunyai arti bersih, tumbuh dan berkah. Menurut Ensiklopedia al-Qur’an, zakat merupakan kegiatan yang berupa menyisihkan sebagian harta untuk diserahkan kepada orang yang berhak mendapatkannya. Dengan tujuan untuk membersihkan diri dari sifat tamak. Sedangkan untuk pengertian dari zakat online yaitu menyisihkan sebagian harta untuk diserahkan kepada orang yang tepat melalui online.

Sarana yang digunakan untuk melakukan zakat online ataupun infaq online yaitu dengan menggunakan aplikasi melalui smartphone ataupun perangkat lainnya. Selain aplikasi, biasanya juga bisa menyalurkan zakat melalui web suatu lembaga. Tetapi untuk bisa melakukan dengan mudah, lebih baik menggunakan aplikasi yang terpercaya dan aman.

Syarat untuk Melakukan Zakat secara Online

Melakukan zakat secara online tidak hanya dilakukan begitu saja tetapi harus dilakukan sesuai syarat yang ditetapkan. Dalam melaksanakan kewajiban berzakat, terdapat beberapa syarat yang mewajibkan seseorang untuk berzakat. Syarat-syaratnya yaitu islam, baligh, merdeka, mempunyai akal sehat, sudah mencapai batas nishab dan yang terakhir tidak dalam kondisi memiliki hutang. Untuk menjadikan zakat Anda sah maka Anda harus mempunyai niat dan tamlik (pemindahan kepemilikan harta).

Syarat tersebut juga berlaku untuk melakukan zakat secara online. Karena syarat tersebut wajib dilakukan ketika berzakat, bukan tergantung dengan media perantaranya. Jadi, untuk melakukan zakat online, Anda harus melakukan syarat-syarat yang sudah ditentukan terlebih dahulu.

Macam-Macan Zakat Online

Zakat terdiri atas dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Untuk pengertian dan ketentuannya silahkan simak dalam penjelasan berikut ini.

1. Zakat Fitrah

Pengertian: Zakat yang biasanya dilakukan ketika bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat fitrah memiliki tujuan yaitu untuk membersihkan hati dari perilaku yang tercela bagi yang menjalankan puasa.

Ketentuan: Yang perlu diketahui untuk melakukan zakat yaitu terdapat beberapa ketentuan. Zakat fitrah di Indonesia berupa beras karena beras merupakan bahan utama dari makanan pokok. Jumlah yang dikeluarkan yaitu 2,5 kg.

2. Zakat Maal

Pengertian: Berbeda dengan zakat fitrah, zakat maal memiliki arti yaitu zakat yang harus dikeluarkan berupa harta kekayaan. Zakat maal terdiri dari zakat penghasilan, zakat pertanian dan hasil bumi, zakat emas dan perak, zakat binatang ternak dan yang terakhir zakat perdagangan. 

Ketentuan: Zakat maal memiliki syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan zakat yaitu harta yang dizakatkan harus milik penuh seseorang bukan miliki bersama, bebas dari hutang, nisabnya sudah mencukupi, harta yang dimiliki sudah lebih dari setahun dan yang terakhir harta tersebut harus memiliki potensi berkembang.


Yang Berhak Menerima Zakat

Untuk memastikan zakat yang Anda salurkan melalui online diberikan kepada orang yang tepat, maka Anda harus mengetahui orang-orang yang berhak menerima zakat. Yang berhak menerima zakat yaitu fakir, miskin, amil, mu’alaf, gharimin, hamba sahaya, ibnu sabil dan fiisabilillah. Anda harus memberikan zakat Anda kepada orang-orang tersebut karena merekalah yang berhak menerimanya.

Sebelum melakukan zakat online, sebaiknya Anda perlu mengetahui pengertian dan macam-macam zakat. Dengan begitu, Anda akan mengetahui kewajiban zakat apa saja yang harus Anda lakukan. Anda bisa melakukan berbagai macam zakat melalui online. Dengan menggunakan aplikasi, Anda sudah bisa menyalurkan zakat Anda. Sangat mudah bukan, mulai sekarang Anda sudah bisa melakukan zakat secara online.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.