Inilah Pentingnya Menyisihkan Sebagian Pendapatan untuk Dana Darurat

Dalam mengatur keuangan pribadi maupun rumah tangga, menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung menjadi salah satu kegiatan penting yang tidak boleh ditinggalkan. 


Inilah Pentingnya Menyisihkan Sebagian Pendapatan untuk Dana Darurat


Karena dengan memiliki tabungan akan sangat berguna bagi masa depan yang lebih baik. Selain tabungan, menyisihkan sebagian pendapatan untuk dana darurat juga tidak kalah penting. 


Sesuai dengan namanya, dana ini akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan terdesak yang mungkin terjadi di masa mendatang.

 

Menyisihkan sebagian pendapatan untuk dikumpulkan sebagai dana darurat memiliki manfaat yang sangat besar dan tidak bisa dianggap remeh. Sama seperti tabungan, dengan mengalokasikan sebagian gaji untuk dana di kala terdesak ini akan memberikan berbagai keuntungan berikut ini:

 

1.     Tidak perlu berhutang.

Terkadang ada saja pengeluaran tidak terduga yang mungkin terjadi di masa depan, seperti membayar biaya rumah sakit, biaya memperbaiki kendaraan, biaya memperbaiki rumah bocor, dll. Untuk mengatasi kondisi ini, beberapa orang ada yang harus melakukan pinjaman dana lantaran tidak memiliki simpanan biaya darurat. Namun berbeda jika Anda sudah memiliki dan mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, saat dibutuhkan pada kondisi terdesak tentunya Anda tidak perlu berhutang.

 

2.     Lebih siap apabila menghadapi krisis.

Masalah yang terjadi pada hidup masing-masing orang bisa berbeda-beda. Untuk mengantisipasi hal buruk terjadi pada kondisi keuangan kita, seperti tidak memiliki penghasilan karena di PHK, usaha sedang sepi, dll tentunya perlu melakukan proteksi. Salah satu cara agar tetap bertahan meskipun mengalami krisis ekonomi adalah dengan sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari simpanan biaya darurat.

 

3.     Keuangan lebih aman terjaga.

Karena Anda sudah memiliki simpanan dana untuk kebutuhan darurat, tentunya akan lebih aman bagi kondisi finansial. Karena ketika membutuhkan dana pada kondisi terdesak, Anda tidak akan mengganggu uang tabungan maupun pos pengeluaran lainnya.

 

4.     Investasi lancar.

Di zaman sekarang, memiliki passive income dengan melakukan investasi menjadi salah satu yang sangat disarankan. Agar investasi Anda bisa berjalan dengan lancar, ada baiknya juga diproteksi dengan memiliki simpanan dana untuk kebutuhan darurat. Karena yang namanya investasi pasti ada resiko mengalami suatu kerugian, mengingat prinsip dari investasi itu sendiri yang risk dan return. Peran memiliki biaya darurat akan sangat terasa sekali ketika Anda sedang melakukan investasi.

 

5.     Kerja lebih produktif.

Beberapa orang ada yang bekerja karena tuntutan kebutuhan yang beragam. Karena tanggungan kewajiban untuk memenuhi kebutuhan inilah, terkadang bekerja seperti memiliki tekanan tersendiri dan kurang menikmati. Belum lagi, jika menghadapi situasi saat ini dimana semua kebutuhan hampir selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Namun kondisi berbeda ketika Anda memiliki dana darurat yang diperoleh dengan rutin menyisihkan sebagian dari pendapatan bulanan. Dimana rasa cemas akan pengeluaran mendadak atau kebutuhan darurat di kemudian hari bisa sedikit berkurang. Hal ini tentunya juga akan berimbas pada produktivitas dalam bekerja.

No comments

Powered by Blogger.