Ingin Terbebas Dari Siksa Kubur? Bersedekahlah Selama Hidup

Di dalam Islam memang dianjurkan untuk melakukan berbagai tindakan mulia. Dari sekian banyak tindakan mulia yang bisa dilakukan, salah satu yang menjadi hal sunnah yaitu bersedekah. Bersedekah memiliki banyak keutamaan atau manfaat bagi yang mengeluarkan dan juga penerima. Salah satu manfaat dari bersedekah yaitu meringankan beban orang lain yang membutuhkan. Bahkan, dengan bersedekah juga bisa mempererat tali kekeluargaan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bersedekah tidak hanya bermanfaat bagi orang yang mendapatkan, tetapi juga memiliki keutamaan bagi orang yang mengeluarkannya. Salah satunya yaitu terbebas dari siksa kubur. Selain itu, masih banyak manfaat bersedekah yang bisa didapatkan. Penasaran apa saja? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini, dengan kemajuannya teknologi sekarang anda juga bisa melengkapi rukun islam yang ke empat dengan cara membayar zakat online.

Ingin Terbebas Dari Siksa Kubur? Bersedekahlah Selama Hidup

Terbebaskan dari Siksa Kubur

Setiap manusia pastinya akan merasakan berada di liang kubur. Nah, dalam hal ini agar nantinya terbebas dari siksa kubur, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan selama di dunia. Dari sekian banyak amalan tersebut, salah satu yang bisa dilakukan dengan mudah yaitu bersedekah. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah, baik itu memberikan bantuan berupa tenaga maupun materi.

Siksa kubur akan dirasakan oleh manusia yang melanggar beberapa hal yang dilarang dan tidak pernah berbuat baik. Ssehingga untuk membersihkan dosa-dosa tersebut, ada siksa kubur. Nah, untuk menyelamatkan dari siksa kubur, sedekah bisa menjadi amalan yang tepat. Hal ini sudah sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh Tabrani bahwa "sedekah akan memadamkan api siksaan ketika di dalam kubur".

Menyucikan Diri

Selain terbebas dari siksa kubur, bersedekah juga memiliki keutamaan lain seperti mensucikan diri. Maksud dari mensucikan diri yaitu dosa-dosa orang yang melakukan sedekah akan dihapus. hal tersebut akan lebih baik lagi jika dilakukan bersamaan dengan bertaubat atas dosa yang pernah dilakukan. Sehingga, jika bersedekah dilakukan sesering mungkin bisa menuai kebaikan-kebaikan lainnya.

Selain bersedekah, ada beberapa hal lain yang biasa dilakukan untuk mensucikan diri seperti halnya melakukan semua kewajiban serta menghindari semua larangannya. Bersedekah bisa dilakukan dengan beberapa hal sederhana seperti memberikan bantuan berupa tenaga atau materi. Bahkan, senyum juga termasuk bersedekah.

Pahala Berlipat Ganda

Allah SWT sangat menghargai beberapa tindakan mulia yang dilakukan oleh seorang gambarnya salah satunya yaitu dengan bersedekah bahkan allah subhanahu wa ta'ala sudah memberikan imbalan yang sangat besar pada seseorang yang bersedekah, seperti halnya mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. selain bisa meringankan beban orang lain bersedekah juga bisa mensucikan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya

Namun, perlu menjadi catatan penting jangan pernah melakukan sedekah hanya karena ingin dipandang baik oleh orang lain. Tetapi melakukan sedekah benar-benar murni dari hati tanpa ingin diketahui orang lain. Karena apapun kebaikan yang dilakukan dan dipamerkan termasuk unsur riya' atau ingin menyombongkan diri.

Mendapat Imbalan Berlipat-lipat

Mungkin kita sering mendengar ada beberapa ulama yang menyampaikan sebuah pesan bahwa dengan bersedekah akan mendatangkan rezeki yang berlimpah. Sehingga ketika melakukan sedekah, janganlah takut kehabisan harta atau jatuh miskin. Karena Allah Subhanahu Wa Ta'ala sudah menjanjikan lagi yang berlipat ganda untuk orang yang bersedekah. Baik itu dalam bentuk materi atau hal lain yang tidak bisa dinilai dengan materi. Sehingga dengan bersedekah tidak hanya mendapatkan imbalan yang berlipat ganda. Tetapi juga bisa membersihkan diri dari dosa serta mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Terhindar dari Marabahaya

Allah SWT sudah menjanjikan beberapa keutamaan dalam bersedekah salah satunya yaitu memberikan rezeki yang berlimpah. Rezeki yang dimasukkan tidak hanya berupa materi, tetapi juga nikmat sehat dan terhindar dari marabahaya. Hal ini sudah sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang berbunyi "sedekah bisa menutup 70 pintu kejahatan serta bencana. Bahkan, musibah tidak bisa mendahului sedekah".

Perbanyaklah sedekah selagi masih hidup. Perlu diketahui bahwa sedekah tidak hanya bisa dilakukan dengan mengeluarkan banyak materi. Namun, bisa dilakukan dengan hal-hal kecil lainnya. Mulai dari tersenyum, memberikan bantuan serta mengeluarkan materi semampunya.

Memberi Ketenangan Hati

Ketika kita sudah terbiasa mengeluarkan sedekah, maka hati akan merasa lebih tenang. Karena apapun kebaikan yang kita lakukan akan muncul rasa senang karena mampu memberikan bantuan kepada orang lain. Selain merasa tenang, dengan bersedekah juga bisa memberikan kelapangan, karena beban-beban sudah terangkat dan digantikan dengan rasa senang. Ketenangan setelah melakukan sedekah tentunya akan berpengaruh terhadap aktivitas kita. Sehingga bisa lebih semangat dalam melakukan berbagai hal.

Sebagai Jaminan Hari Akhir

Siapa yang tidak ingin mendapatkan naungan di hari akhir? Pastinya setiap orang sepakat akan hal tersebut. Nah, dengan melakukan berserah secara ikhlas bisa menjadi jaminan nanti di hari akhir. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah. Bahkan, senyum juga termasuk salah satu bentuk sedekah yang terkecil.

Ketika di hari akhir nanti seseorang yang melakukan sedekah lebih sering akan mendapatkan naungan yang menyejukkan dan terhindar dari panasnya terik matahari yang jaraknya hanya berjarak telapak tangan. Tetapi, untuk mendapatkan jaminan di hari akhir kelak, lakukan sedekah secara ikhlas. Hindari bersedekah dengan tujuan Riya atau pamer. Buatlah bersedekah untuk membantu meringankan beban orang lain dan karena Allah SWT.

Menyembuhkan Orang Sakit

Keutamaan bersedekah yang selanjutnya yaitu bisa menyembuhkan orang sakit. Maksud dari pembahasan ini yaitu dengan memberikan sedekah kepada orang lain yang membutuhkan bisa meringankan beban mereka. Terutama bagi mereka yang sedang sakit. Sekecil apapun bantuan yang Anda berikan, bisa mengangkat beban mereka yang ingin berobat. Maka dari itu jika memiliki rezeki yang lebih, sisakan sedikit untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Menambah Umur

Banyak sekali keutamaan dari bersedekah, seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya, selain itu bersedekah juga bisa memperpanjang umur seseorang. Dengan lebih sering melakukan sedekah, bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Sehingga tanpa disadari kebiasaan bersedekah bisa membuat hati lebih tenang dan bisa terhindar dari marabahaya. Lebih sering melakukan sedekah, itu tandanya hidup Anda akan semakin membaik. Baik itu dari segi materi dan juga kesehatan jasmani dan rohani.

 Meninggal dengan Tenang

Keutamaan terakhir yang bisa didapatkan jika melakukan bersedekah yaitu meninggal dalam keadaan tenang pasalnya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dengan bersedekah bisa menghapus dosa dosa yang telah dilakukan sebelumnya baik itu dosa yang dilakukan secara sengaja maupun tidak. Kemurkaan Allah SWT bisa diredakan dengan cara bersedekah. Meninggal dengan tenang pastinya diinginkan oleh setiap orang. Pasalnya tidak ada satupun orang yang akan terbebas dari kematian.

Banyaknya keutamaan bersedekah, salah satunya terbebas dari siksa kubur. Bahkan, kini bersedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara yang lebih mudah. Kini, bersedekah bisa dilakukan dengan mudah melalui online hanya dengan menggunakan smartphone. Apalagi kini tersedia banyak aplikasi yang bisa membantu Anda untuk bersedekah.

No comments

Powered by Blogger.