Hukum Dan Hikmah Tentang Sedekah Online

Dengan berkembangnya teknologi yang snagat canggih ini, maka semua hak saat ini sudah bisa dilakukan dengan praktis serta mudah yaitu dengan cara online. Sudah banyak hal yang dilakukan dengan online, salah satunya adalah infaq online.  Program sedekah online ini memang sudah seharusnya untuk dilakuakan.  Hal ini membuat kita akan efektif waktu, karena tidak perlu lagi datang ke masjid atau ke tempat lain. Jadi, cukup sedkah dari rumah saja.

Hukum  Dan Hikmah Tentang Sedekah Online

Hal ini sangat mendukung sekali dalam situasi pandemic covid 19 ini. Karena dengan anjuran dari pemerintah untuk tetap di rumah saja. Maka tidak akan membuat kita untuk berhenti melakukan atau memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan. Jadi, hadirnya program sedekah online  ini adalah jawaban untuk mereka yang ingin selalu bersedekah meskipun hanya di rumah saja.

Lalu, apakah dalam bersedak online itu tedapat hukum dan hikmahnya? Iya, Sesuatu  hal yang diciptakan pastinya terdapat dasar atau hukumnya serta hikmahnya. Seperti di program sedekah online  ini. Nah, mungkin masih banyak orang ragu jika ingin melakukan sedekah online karena masih belum tahu bagaimana hukum yang jelasnya. Untuk menjawab rasa keraguan dari anda maka disini kami menyajikan iformai tentang hukum dan hikmah tentang sedekah online. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Ini dia hukum tentang sedekah online yang harus diketahui seorang muslim.

1.     Tidak langsung  harus bertemu dengan orang yang menerima sedekah

Sedekah online ini di buat pasti didasarkan dengan hukum – hukum tertentu. Seperti pada pendapat dari Syekh Yusuf Al Qardhawi, beliau mengatakan bahwasannya “jika terdapat seseorang yang akan memberikan zakat maka tidak perlu memberikan secara langsung kepada orang yang akan menerimanya. Maka dari itu, jika seorang muzakki tidak mengatakan kepada orang yang menerima zakat tersebut bahwasannya uang yang diberikan tersebut adalah bentuk dari zakatnya, maka hal tersebut akan masih sah dan tetap dikatakan sebagai zakat.”

Jadi, inti dari pendapat tersebut adalah zakat kan tetap sah jika diberikan kepada orang yang menerimanya tanpa harus bertemu secara langsung. Maka dari  dasar inilah, seseorang mencetuskan sebuah ide untuk membuat program sedekah online.  Jadi, dengan begitu anda tak perlu ragu lagi jika akan bersedekah secara online. Karena hal ini diperbolehkan dan akan sah- sah saja menurut syariat islam.

2.     Online itu hanyalah sebuah transaksinya saja.

Disini terdaoat sebuah keterangan dari seorang ustadz yang benama Zul Ashfi, S.S,l, LC. Beliau mengatakan jika orang yang memiliki niat untuk berzakat pun itu hukummnya sudah dikatakan sah.  Jadi, dengan melakukan sedekah online, maka akan dihukumi sah karena memang anda sudah mulai berniat  dari awal untuk memberikan sedekah ke orang yang membutuhkan. Jadi, sedekah online akan sah- sah saja dilakukan meskipun nantinya kita tidak bertemu dengan orang yang akan menerimanya secara langsung. Karena pada saarnya bertemu dengan langsung bukan merupakan syarat dari melakukannya sedekah.

3.     Akad bukanlah salah satu rukun dalam melakukan sedekah

Seperti yang sudah dijelaskan di point yang nomor kedua. Bahwasannya dalam melakukan sebuah sedekah itu yang terpenting adalah sebuah niat. Jadi, untuk akad ataupun haus bertemu dengan orang yang akan menerima sedekah dari iita, itu bukanlah suatu rukun ataupun syaratnya.  Dan dari sinilah, sedekah online itu akan sah dan boleh sekali dilakukan.

Namun, yang terpenting adalah orang ataupun lembaga dari program sedekah online lah yang harus jelas dan juga amanah. Jadi, sedeklh yang sudah kita salurkan akan tersampaikan dengan amanah, yaitu diberikan kepada orang- orang yang membutuhkan ataupun ditujukan untuk pembangunan masjid atau sebagainya.

Hikmah dalam melakukan sedekah online yang harus diketahui

Jadi, jika hukum dari sedekah online itu daalah diperbolehkan atau sah- sah saja, maka hal yang perlu diketahui juga yaitu hikmah jika melakukan sedekah online. Adapun hikam dari melakukan sedkah secar online adalah sebagai berikut.

1.     Dengan melakukan sedekah online maka dapat dilakukan di manapun

Jadi, hikmah adanya program sedekah online itu adalah bisa dilakukan dimana saja dan juga kapan saja. Maka sangat tidak menutup kemungkinan jika kita tidak bisa memberikan sedekah kepada orang- orang yang membutuhkan.  Terlebih lagi dengan kondisi yang seperti ini dimana masih terdapat pandemic covid 19, maka hal ini akan sangat mendukung kita dalam bersedekah yaitu melalui sedekah online ini.

2.     Memberi tidak harus merasa untuk balas jasa

Hikmah selanjutnya yang diperoleh dalam melakukan sedekah online adalah tidak akan mengurangi dari pahala yang akan didapat. Karena mungkin akan berpikiran jika tidak bersedekah secra langsung maka tidak akan mendapatkan pahala. Justru, dengan melakukan sedekah online inilah akan bisa menilai tambah pahala yang akan didapat. Hal ini karena dengan sedekah online, maka tidak akan banyak orang yang mengetahui kecuali dari lembaga yang menyediakan program sedekah online. Karena sedekah dengan cara yang dilakukan secara sembunyi- sembunyi itu adalah salah satu jenis sedekah yang sangat diutamakan di sisi Allah swt. Allah akan lebih suka kepada orang- orang yang melakukan sedekah dengan cara tidak menampakkan ke orang lain atau dalam hal ini biasanya disebut dengan riya’. Selain itu,  jika saja sedekahnya itu tidak dilakukan dengan sembunyi- sembunyi dan mungkin suatu hari bertemu dengan orang yang pernah menerima sedekah dari kita maka tidak akan muncul rasa berjasa terhadap orang tersebut.

3.     Mendapatkan laporan dari harta yang sudah disedekahkan.

Jadi, disini maksudnya adalah dengan melakukan sedekah online maka kita akan mendapatkan laporan dari lembaga tersebut bahwa sedekah yang kita berikan sudah diterima. Dan dari hal inilah sedekah online akan sangat diminati karena merasa sedekahnya jelas akan diterima oleh siapa.

4.     Memberikan sebuah pertolongan yang cepat

Dan hikmah terakhir dari melakukannya sedekah online, maka kita bisa memberikan sebuah pertolongan yang cepat. Jadi, disini maksudnya adalah mengingat letak Negara Indonesia ini yang ada di bagian cincin api di dunia, maka dari hal sinilah Indonesia akn sangat mudah terkena sebuah bencana. Dan jika sudah terdapat daerah yang terkena bencana dan kita ingin  memberikan sedekah kepada mereka, maka sedekah online inilah adalah solusinya. Dengan adanya program sedekah online jadi sangat memudahkan kita untuk membantu sesama manusia yang berada didaerah yang jauh.

Nah, itulah sedikit informasi tentang Hukum dan Hikmah dari sedekah online yang bisa kmai jelaskan. Jadi, bagaimana sangat jelas bukan hukumnya bahwa sedekah online sangat diperbolehkan untuk dilakuakn dan sah- sah saja. Serta dengan bersedekah online, kita juga akan memperoleh hikmahnya. Maka, harus menunggu apalagi jika ingin melakukan sedekah namun tidak tahu akan bersedkah kepada siapa. Karena dengan hadirnya program  sedekah online akan membantu niat baik anda. Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.