Tips Menghadapi Cemas Saat Pandemi Virus Corona

Banyak orang yang menganggap remeh bahwasanya virus corona ini tidak terlalu berbahaya karena gejalanya yang sangat ringan. Gejala virus covid-19 ini pada umumnya adalah seperti sakit tenggorokan sampai demam dan pilek. Sekilas memang gejala corona sangat mirip dengan flu biasa akan tetapi bila Anda tahu bahwa sebenarnya virus ini sangat mematikan. Para ahli juga sudah banyak yang menjelaskan bahwa virus ini memiliki gejala yang mirip dengan flu tapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Dan dalam perkembangannya virus corona sudah terbukti menimbulkan angka kematian yang cukup tinggi yakni sebesar 3.5 persen jadi bisa dikatakan bahwa kasus corona ini memiliki resiko kematian yang memang sangat tinggi. Dan angka tersebut memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kematian flu biasa. Dengan adanya kasus tersebut maka dapat disimpulkan bahwa resiko kematian yang diakibatkan oleh corona memang sangat tinggi dan sangat disarankan bagi siapa saja untuk tetap waspada akan tetapi jangan cemas dan khawatir.

Dan untuk menghadapi rasa cemas yang timbul akibat corona adalah beberapa cara yang bisa dilakukan. Karena bila terlalu cemas maka akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan diri Anda. Banjir berita mengenai perkembangan corona di Indonesia memang sangat banyak setiap harinya. Dengan adanya banyak berita tersebut memang bisa dijadikan sebagai cara untuk mengetahui perkembangan kasus corona di Indonesia. Akan tetapi bila terlalu banyak membaca berita justru malah akan membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih buruk dan bisa saja stres. Dan berikut ini adalah tips untuk menghadapinya:

Tips Menghadapi Cemas Saat Pandemi Virus Corona


  • Kurangi Akses Berita Yang Kurang Sehat
Saat ini memang sudah banyak sekali berita mengenai corona yang bisa dengan mudah untuk diakses. Akan tetapi bila Anda salah memilih membaca berita justru yang ada malah hidup Anda akan menjadi lebih buruk. Karena terlalu banyak membaca berita yang tidak bagus justru akan membuat kondisi imun Anda turun dan akan berpengaruh pada virus yang akan lebih mudah masuk dalam tubuh Anda.

  • Praktik Self Care
Maksudnya adalah Anda harus benar-benar bisa membatasi diri Anda untuk setiap topik yang membahas seputar corona. Apabila suatu saat Anda merasa cemas setelah membaca berita seputar corona maka Anda harus segera mempraktikkan untuk self care. Lakukan cara apapun supaya tubuh Anda bisa rileks kembali. Seperti contohnya adalah dengan Anda melakukan olahraga atau beberapa kegiatan lain seperti baca buku dan video call dengan teman Anda atau orang terdekat Anda yang mungkin jauh dari Anda.

  • Kenali Penyebab Rasa Cemas
Rasa cemas adalah salah satu masalah yang cukup besar bagi seseorang karena akan berdampak pada kondisi psikologis seseorang. Maka dari itu Anda harus mulai memahami sejauh mana rasa cemas yang Anda alami tersebut dan Anda juga harus tahu apa saja yang menyebabkan kecemasan pada diri Anda tersebut. Apabila Anda sudah tahu penyebabnya dan Anda merasa diri Anda tidak sanggup untuk mengatasi rasa cemas dalam diri Anda tersebut maka bisa meminta tolong pihak yang mampu untuk mengatasi kecemasan Anda tersebut.


Di atas adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi rasa cemas karena terlalu banyak membaca berita mengenai virus corona. Pemerintah saat ini sudah banyak sekali melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di Indonesia. Seperti contohnya adalah dengan memberlakukan work from home dan PSBB.

No comments

Powered by Blogger.