Seperti Inilah 5 Tips Simple Dalam Merawat Mobil Baru Agar Awet

Siapa sih diantara kita yang tidak senang saat memiliki sebuah mobil baru? Tentu saja kita semua pasti akan senang dan bangga ketika memiliki mobil baru, terutama mobil tersebut didapat dengan hasil keringat sendiri. Mobil baru ini bisa dibeli secara cash maupun kredit. Namun, kebanyakan masyarakat sekarang ini lebih memilih system pembayaran secara kredit ketimbang cash. Ya, hal itu juga tidak terlepas dari simplenya persyaratan yang diajukan, serta uang DP dan cicilannya pun cukup ringan. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kondisi mobil baru itu masih mulus secara keseluruhan. Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa kita tidak melakukan perawatan ya! Nah, agar mobil baru anda tetap awet dan tidak mudah rusak, berikut di bawah ini ada beberapa tips simplenya :

Seperti Inilah 5 Tips Simple Dalam Merawat Mobil Baru Agar Awet

1. Kurangi Kecepatan Mobilnya Saat Melewati Jalanan Yang Tidak Rata

Tips simple pertama dalam merawat mobil baru agar tidak mudah rusak, yakni mengurangi kecepatan mobilnya saat melewati jalan yang tidak rata. Ya, meski mobil baru anda masih memiliki suspense yang sangat baik, namun jika secara terus-menerus melewati jalanan rusak terutama dengan kecepatan tinggi, tentunya lama-kelamaan bagian suspense akan mengalami kerusakan yang sangat fatal.

Sistem suspense tersebut akan mengalami aus, dikarenakan sering melewati jalanan rusak sehingga terjadi tekanan yang hebat pada posisinya. Untuk meminimalisir kerusakan pada system suspense, sangat disarankan bagi anda untuk mengurangi kecepatan mobilnya saat melewati jalanan yang tidak rata.

2. Gunakan Posisi Transmisi Gigi Dengan Tepat

Dalam hal ini, anda harus menyesuaikan transmisi gigi dengan kecepatan mobilnya. Sebab, tidak mungkin juga jika anda menyetir dengan kecepatan di atas 50 km / jam pada posisi gigi 1 begitupun sebaliknya. Dengan kata lain, gunakanlah posisi transmisi gigi yang sesuai dengan batas kecepatan mobil. Alhasil, semua gigi percepatannya dapat bekerja dengan maksimal yang tentu saja akan memberikan pengaruh yang baik pada komponen lainnya seperti rem dan kopling.


3. Hindari Muatan Yang Melebihi Batas Kapasitas

Saat anda akan mengangkut barang-barang atau membawa penumpang, ada baiknya jika anda cermati dulu batas maksimal kapasitasnya. Perlu anda ketahui, bahwa muatan yang terlalu berlebihan ini akan berdampak buruk pada komponen mesin dan onderdilnya lho! Mengapa bisa demikian? Pasalnya, muatan yang berlebihan ini akan memaksa mesin mobil untuk bekerja lebih keras lagi. Oleh karena itu, bawalah barang-barang atau penumpang yang sesuai dengan kapasitas mobilnya.


4. Jangan Mengerem Secara Mendadak

Tips simple berikutnya yang harus anda ketahui dalam merawat mobil baru agar tidak mudah rusak, yakni hindari mengerem secara mendadak. Selain dapat membahayakan anda dan orang lain, pengereman yang secara mendadak ini juga akan mengakibatkan gesekkan besar, sehingga saat roda dan mesin mobil sedang bekerja tiba-tiba dihentikan oleh system pengereman. Tentu saja pengereman yang secara mendadak tersebut akan berdampak buruk pada komponen mesin mobilnya.

5. Panaskan Mobil Terlebih Dulu

Sebelum anda hendak menggunakan mobilnya, ada baiknya diamkan dulu kurang lebih sekitar 20 menitan. Ya, hal ini bertujuan agar oli dapat menyebar keseluruh mesin hingga ke selah-selah kecilnya.

Baca Juga : ULASAN SEPUTAR SPESIFIKASI LENGKAP DAN KISARAN HARGA VARIO 150

Itulah 5 tips simple dalam merawat mobil baru agar awet dan tidak mudah rusak. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentunya kondisi mobil anda akan senantiasa tetap prima.

No comments

Powered by Blogger.