Yuk Cari Tahu Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Fotografi bukan hanya milik fotografer yang sudah profesional saja, Anda yang masih pemula pun bisa memulai hobi atau pekerjaan yang terbilang mahal ini. Mengapa tidak murah? Karena perlengkapan yang dipakai cukup banyak dan harganya pun lumayan tinggi.

Yuk Cari Tahu Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Secara umum ada dua tipe kamera yang dipakai oleh pecinta foto dan video, yaitu SLR dan DSLR. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar mulai dari pemakaian hingga proses pencetakan. Namun saat ini banyak juga yang masih menggunakan SLR karena dinilai memberi kesan sendiri. Jika Anda penasaran dengan perbedaan kamera SLR dan DSLR, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

4 Perbedaan kamera SLR dan DSLR yang Harus Diketahui

Secara kasat mata memang tidak bisa dibedakan dengan pasti kedua jenis kamera tersebut. Body yang dimiliki cukup mirip dengan desain yang minimalis dan elegan. Namun faktanya banyak perbedaan yang dimiliki oleh keduanya. Bagi Anda yang masih pemula, tidak ada salahnya mencoba menggunakan SLR, karena hasilnya juga bagus.

Selain itu juga bisa mengasah insting Anda untuk mendapatkan angle objek yang menarik. Sayangnya tipe kamera tersebut sudah cukup langka saat ini seiring dengan menjamurnya kamera DSLR. Kurang lebih ada 4 perbandingan kamera SLR dan DSLR yang wajib diketahui terutama bagi Anda yang hobi fotografi. Diantaranya adalah:

1. Media penyimpanan

SLR atau kepanjangan dari Single Lens Reflex sering disebut juga dengan kamera analog. Jenis kamera ini memang lahir lebih dulu dibandingkan dengan versi digitalnya atau yang lebih dikenal dengan DSLR. Perbedaan yang cukup mendasar terletak pada media penyimpanan.

Jika DSLR yang sedang tren saat ini penyimpanan gambar ataupun video menggunakan memori slot baik yang berbentuk CF, Stick, ataupun SD Card. Lain lagi dengan kamera SLR yang media penyimpanannya berupa film 35 MM. Jika memakai kamera SLR, maka Anda tidak bisa melakukan preview. Sementara jika mengambil gambar dengan DSLR, Anda bisa melakukan preview sepuasnya bahkan langsung bisa menghapus gambar yang tak diinginkan.

2. Teknik pencetakan

Ini adalah salah satu alasan mengapa penggemar analog masih mempertahankan kamera SLR yang dimiliki. Meski teknik pencetakan lumayan ribet karena harus melakukan pencucian film negatif, namun hasil yang didapatkan bisa memberikan efek kejutan. Pengguna kamera SLR cenderung berhati-hati saat mengambil gambar karena keterbatasan film yang dipakai.

Sementara pencetakan untuk foto dari DSLR lumayan cepat karena menggunakan teknik digital printing. Sebelum dicetak, Anda juga bisa melakukan proses pengeditan terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal. Besarnya media pencetakan pun bisa Anda tentukan sendiri sesuai dengan keinginan. Jadi perbedaan kamera SLR dan DSLR jika dilihat dari teknik pencetakan membutuhkan waktu yang berbeda. SLR prosesnya lebih panjang sedangkan DSLR cukup cepat.

3. Fitur

Karena SLR sudah tidak banyak diproduksi lagi, maka fitur yang dimiliki cenderung statis dan tidak begitu banyak tombol yang terdapat pada bodynya. Lain halnya dengan kamera DSLR, semakin tinggi serinya maka semakin banyak pula fitur baru yang ditambahkan. Tombol yang ada pada kamera pun sangat banyak jumlahnya bahkan kini sudah dilengkapi dengan teknologi touchscreen.

Baca Juga : Cara Memilih Toko Lensa Kamera yang Berkualitas

Jadi jelas jika Anda menginginkan perangkat fotografi dengan fitur lengkap, DSLR pilihannya. Namun jika penasaran dengan pengambilan gambar secara analog, tak ada salahnya mencoba SLR. Meski tidak banyak fitur, namun beberapa tombol setting yang tersedia bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan gambar yang berkualitas dan bernilai seni tinggi.

4. Harga

Harga kamera SLR dan DSLR sebenarnya tidak bisa dijadikan perbandingan. Ada kamera analog yang mahal namun ada juga yang sebaliknya. Semua itu bergantung merk dan seri keluaran. Namun secara umum, kamera DSLR lebih tinggi harganya terlebih untuk produk dengan satu digit angka. Budget yang mesti dikeluarkan bisa mencapai ratusan juta.

Setelah mengetahui perbedaan kamera SLR dan DSLR, kini saatnya Anda menentukan mau pilih yang mana. Tak usah bingung mencari toko kamera SLR dan DSLR yang terpercaya, kunjungi saja Bhinneka.Com. Online marketplace terbesar di Indonesia saat ini menawarkan berbagai macam produk fotografi mulai dari kamera, lensa, hingga perlengkapan lighting. Harga cukup bersaing dengan proses transaksi yang aman serta cepat.

No comments

Powered by Blogger.