Melindungi Anak-anak yang Tertimpa Musibah Bencana Alam

Salah satu musibah yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun adalah bencana alam. Bencana alam merupakan peristiwa alam yang terjadi baik secara alami maupun tidak alami sehingga merugikan makhluk hidup yang tinggal. Kondisi ini tentu tidak dapat dihidari begitu saja meskipun ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan pada bencana alam yang tidak alami.

Ketika bencana tersebut terjadi, setiap orang tentu akan dirugikan dan salah satu yang paling rentan adalah anak-anak. Anak-anak dikatakan rentan terhadap musibah bencana alam karena memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah. Kondisi tersebut tentu berbeda dengan orang dewasa yang lebih kuat dan memiliki daya tahan tubuh yang baik. Saat berada di lingkungan pengungsian, berbagai penyakit bisa saja hadir dan menghampiri anak-anak. Kondisi ini tentu perlu diwaspadai mengingat anak-anak merupakan aset masa depan yang perlu dijaga tumbuh kembangnya.

Baca Juga : Robocar Poli, Salah Satu Kartun yang Disarankan untuk Ditonton Anak-anak

Selain kondisi lingkungan yang kurang baik, pada saat bencana alam terjadi anak-anak juga terpengaruh secara psikis. Karena, bencana alam bisa memberikan efek trauma yang akan dikenang oleh anak-anak tersebut sehingga dapat menjadi kendala pada tumbuh kembangnya. Untuk itu, diperlukan proses perlindungan kepada anak-anak yang tertimpa musibah bencana alam.

Untuk melindungi anak-anak korban bencana alam, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara termudah yang dapat dilakukan yakni dengan melakukan donasi melalui situs penggalangan dana UNICEF Indonesia. Penggalangan dana melalui UNICEF Indonesia tergolong aman dan mudah dilakukan karena Anda dapat melakukan donasi online.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunjungi website resmi UNICEF Indonesia di https://www.supportunicefindonesia.org/. Lalu, klik tombol “Donasi Sekarang!” untuk langsung melakukan donasi. Setelah itu, pilih jenis donasi yang Anda inginkan apakah “donasi rutin” atau “donasi satu kali”.

Tentukan nominal donasi yang diinginkan. Kemudian, isi data diri seperti nama lengkap, email dan nomor handphone untuk proses verifikasi dari pihak UNICEF. Terakhir, pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah dipilih. Anda pun telah berhasil melakukan donasi kepada anak-anak korban bencana alam sekaligus meningkatkan harapan hidup mereka.

No comments

Powered by Blogger.