Tips Belajar Memasak dengan Buku Resep Masakan

Buku resep masakan bisa menjadi alternatif dan solusi bagi Anda yang belum bisa memasak. Buku ini bisa menjadi andalan saat kita ingin belajar memasak. Bagi Anda yang akan menikah pasti akan sangat kagok untuk memasak padahal seorang istri lazimnya bisa memasak untuk suami. Terlebih lagi jika Anda memang tidak terbiasa berkutat di dapur, tentu akan mengalami kesulitan. Nah bagi para pemula dalam dunia masak, jika belum benar-benar mengerti aneka bahan masakan, Anda bisa mencoba mempelajarinya terlebih dahulu sebelum benar-benar memulai belajar memasak dengan buku resep. Bagi Anda yang sudah bisa memasak, buku resep bisa digunakan sebagai referensi masakan-masakan baru atau mencoba menu-menu baru yang belum pernah Anda praktekkan sebelumnya.
 
 Hasil gambar untuk belajar masak dengan buku resep makanan
 
Variasi menu yang beragam akan membuat suasana ruang makan menjadi lebih meriah. Karena anggota keluarga akan lebih semangat makan di rumah jika masakan yang disediakan di meja bukan masakan yang itu-itu saja. Belajar memasak bisa dari siapa saja dan apa saja. Misalkan dari ibu atau nenek, dari tetangga, dari demo memasak yang ada di televisi, dari resep masakan di majalah, kursus dan juga kumpulan buku resep masakan. Buku resep sangat bermacam-macam. Mulai dari resep masakan sehari-hari, masakan daerah, masakan negara lain, aneka kue, aneka minuman sampai resep masakan hari raya. Lalu bagaimana cara agar mahir memasak dengan buku resep:

  1. Bagi Anda yang benar-benar pemula, pilihlah buku resep yang lengkap dengan gambarnya. Baik gambar bahan-bahannya maupun gambar saat memasaknya dan hasil akhirnya. Sehingga memudahkan Anda untuk mempelajari salah satu resep.
  2. Duduklah dengan tenang, carilah resep yang paling mudah namun benar-benar menarik perhatian Anda. baca dengan seksama, ulangi hingga tiga kali atau hingga Anda benar-benar memahaminya
  3. Mulailah berlatih. Agar mahir memasak suatu resep, diperlukan latihan yang berulang-ulang. pilihlah beberapa menu yang akan Anda praktekkan selama beberapa kali dalam dua atau tiga bulan. Misal untuk memasak ayam semur lakukan seminggu sekali, balado telur seminggu dua kali, bakso daging sebulan dua kali, kroket ayam 3 hari sekali, kue pai atau roti isi daging 3 minggu sekali. Lalu menu yang berbeda lagi di bulan-bulan selanjutnya.
  4. Pada kesempatan memasak suatu resep lagi pada kesempatan berikutnya, perhatikan hasil akhirnya. Apakah lebih enak atau malah kurang enak daripada yang sebelumnya. Catat apa yang sekiranya kurang. Untuk kesempatan yang berikutnya lagi, lebih berhati-hati dan mengingat-ingat kembali apa saja faktor yang membuat masakan Anda terasa enak.
  5. Resep masakan yang ada di buku tidak selamanya harus digunakan sedemikian rupa sama persis. Anda juga bisa memodifikasi bahan-bahannya. Misal semur ayam diganti semur telur puyuh, sop daging diganti dengan sosis dan bakso atau jamur, kue pai apel diganti dengan kue pai strawberry, dan sebagainya. Karena yang terpenting adalah bumbu-bumbunya.

Jika menggunakan buku resep masakan dirasa masih kurang, Anda bisa memperkaya diri pengetahuan memasak Anda melalui video-video masak atau berbagi pengalaman dengan orang lain misal saudara atau tetangga Anda. anda juga bisa membuat buku resep Anda sendiri melalui kumpulan kliping majalah. Tetapi yang paling penting adalah usaha Anda. Memasak lah dengan perasaan cinta dan bahagia, maka masakan Anda akan lebih istimewa seperti masakan ibu Anda.

No comments

Powered by Blogger.