Tips Mudah untuk Menjaga Keamanan Smartphone Anda

Smartphone memang menjadi peran yang sangat penting bagi para masyarakat yang hidup dijaman modern. Bahkan banyak para pengguna smartphone yang menyimpan segala halnya di dalam smartphone yang dimilikinya. Smartphone memang benar-benar penting karena berbagai alasan. Anda dapat menyimpan data di dalamnya dan jika ponsel Anda hilang atau dicuri, ini akan hilang. Jika Anda tidak ingin data pribadi yang Anda simpan dalam smartphone Anda diketahui orang lain, maka Anda dapat menetapkan keamanan pada smartphone Anda.
Gambar terkait
 
Ada banyak fitur keamanan yang memang disediakan di dalam ponsel yang Anda miliki. Terlebih lagi untuk Anda yang tidak ingin smartphone Anda dijelajahi oleh orang yang kepo dan tidak bertanggung jawab, maka sangat penting sekali bagi Anda untuk menetapkan keamanan dalam smartphone yang Anda miliki. Jika Anda belum mengetahui bagaimana caranya, maka Anda dapat mengikuti tips berikut. Berikut menetapkan keamanan dalam smartphone Anda, yaitu:

Gunakan kunci layar.

Banyak telepon baru yang menawarkan kunci pola, baik dalam bentuk atau pola yang dipersonalisasi yang digambar di layar untuk memberikan akses. Namun, pastikan layar dibersihkan secara teratur. Jika ponsel Anda dicuri atau hilang jejak jari kadang-kadang dapat dilihat dan diakses di layar. Sebagai alternatif, kode PIN menawarkan alternatif dan juga dapat menghemat waktu. Buat kata sandi Anda sulit agar tidak mudah diingat orang lain.

Gunakan kunci kartu SIM.

Kunci layar sangat membantu tetapi tidak akan menghentikan seseorang yang mengeluarkan kartu SIM dari ponsel Anda dan menggunakannya di ponsel lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, atur kunci kartu SIM dalam bentuk nomor PIN yang harus dimasukkan ketika telepon dihidupkan untuk terhubung ke jaringan.

Lindungi data sensitif.

Sementara entry PIN dan kunci kata sandi sangat membantu, smartphone secara efektif adalah komputer miniatur dengan penyimpanan yang sering mudah dilepas. Sangat mudah untuk mengambil data hanya dengan mencolokkannya ke komputer atau menghapus kartu microSD.

Selain ketiga cara yang ada di atas maka Anda pun juga menggunakan perlindungan nirkabel dengan cara selalu mematikan koneksi nirkabel Anda saat tidak digunakan. Ini memastikan bahwa orang-orang tidak dapat terhubung ke perangkat tanpa sepengetahuan Anda. Anda juga perlu memeriksa pengaturan keamanan jaringan ponsel Anda karena mungkin dikonfigurasi untuk secara otomatis terhubung ke jaringan ketika berada dalam jangkauan tanpa Anda ketahui.

Jika menggunakan nirkabel seluler atau hotspot, berhati-hatilah dengan koneksi berbahaya yang terlihat sangat mirip dengan hotspot yang sah dari perusahaan besar. Tidak hanya itu saja, untuk perangkat bluetooth ini pada umumnya tidak dilihat sebagai resiko karena memiliki rentang tembakan relatif (kira-kira 10 meter). Namun Anda juga dapat mengakses ponsel dari jarak jauh jika berada dalam jangkauan. Pastikan bluetooth dimatikan saat tidak digunakan.

No comments

Powered by Blogger.