4 Trik Sukses untuk Memulai Bisnis dengan Modal yang Terbatas

Menjadi pebisnis yang sukses memang bukanlah persoalan yang bisa diraih secara instan, butuh proses yang bisa jadi cukup lumayan untuk sampai ke titik tersebut. Keinginan untuk berbisnis ini memang dianjurkan untuk segera dirintis sebab semakin dini terjun ke dalamnya semakin cepat tahu seluk-beluknya seperti apa. Ada kalanya seorang pebisnis bisa sukses dengan sekali melakukan start namun ada pula yang harus berulang kali gulung tikar dulu baru menemukan bidang bisnis yang memang cocok.
Hasil gambar untuk trik merintis bisnis sukses
 
Kendala dalam berbisnis cukup banyak dan di masa awal seringkali terbentur dengan masalah modal yang kebetulan cukup minim. Menyiasati kondisi ini Anda bisa mencoba beberapa trik berikut:

1. Bijak memilih jenis dan skala bisnis,

Dalam berbisnis dijamin siapa saja bermimpi merintis bisnis skala besar sejak awal sehingga mentereng dan bisa dibanggakan. Namun jika kondisi modal kurang mendukung baiknya Anda menyesuaikan saja, tidak dosa dan bukan kesalahan merintis bisnis skala kecil dulu. Asalkan mau realistis maka beban mental akan berkurang dan merasa nyaman menjalankan bisnis meski hanya kecil-kecilan namun kontinyu.

2. Awali dari rumah dulu,

Minimnya jumlah modal yang dimiliki bisa disiasati dengan banyak trik, selain memilih jenis bisnis skala kecil dan ramah modal. Baiknya Anda memanfaatkan rumah dulu saat menjalankannya sehingga menekan biaya untuk sewa gedung, sewa lahan, bayar listrik, dan sebagainya. manfaatkan rumah sebagai tempat produksi ataupun menaruh barang dagangan dan tidak mengapa berjualan di depan rumah sendiri. Asalkan dipasarkan secara kreatif melalui jalur online dan offline maka omzet akan terus merangkak naik.

3. Batasi jumlah produksi atau kulakan,

Solusi untuk mengatasi minimnya modal yang ada juga bisa dilakukan dengan membatasi jumlah produksi atau barang yang di stock. Asalkan mau memproduksi dalam jumlah terbatas dulu maka meski modalnya kecil bisnis Anda tetap bisa dirintis dengan segera. Jadi, jangan menunggu sampai modal banyak baru melakukan start karena bisa diakali dengan cara ini. Begitupun dengan sistem kulakan atau menyediakan stock di gudang baiknya dalam jumlah terbatas dulu. Selain efektif menghemat modal juga bisa sekalian meraba sambutan pasar.

4. Mengurus semuanya sendiri,

Kesalahan pertama yang dilakukan pebisnis pemula saat kondisi modalnya kecil dan belum stabil adalah terburu-buru merekrut karyawan. Memang membuat beban kegiatan bisnis lebih ringan karena Anda tidak perlu mengerjakan semua tugas. Hanya saja Anda musti sadar berapa biaya yang dikeluarkan untuk membayar gaji karyawan tersebut. Belum tentu keuntungan bisnis mencukupi untuk kebutuhan ini, jadi cobalah untuk berhemat. Selama Anda masih punya waktu dan tenaga baiknya dikerjakan sendiri sehingga tidak ada beban gaji karyawan.

No comments

Powered by Blogger.