Tips yang Bisa Dilakukan Agar Busi Motor Anda Bertahan Lama

Bagi Anda sang pengendara motor, maka Anda harus bisa seperti dukun kuno yang bisa mengetahui busi pada kendaraan roda dua Anda. Hal ini akan dapat memberitahu Anda tentang apa yang sebenarnya terjadi di mesin kendaraan Anda. Perhatikan busi Anda dengan hati-hati pada saat Anda mengeluarkannya dari mesin. Steker yang berfungsi normal dan benar akan memiliki warna coklat keabu-abuan coklat ke isolator. Elektroda itu sendiri akan sedikit dipakai dengan sebagian besar logam utuh. 

Hasil gambar untuk perawatan busi motor
 
Setiap jenis abu, jelaga, endapan minyak pada steker menunjukkan busi kotor karena masalah internal pada mesin seperti oli atau ring piston yang aus, kursi katup yang dipakai atau pemandu. Kerusakan mekanis pada sumbat seperti insulator atau elektroda yang tergelincir dapat mengindikasikan keberadaan benda asing atau endapan keras di ruang bakar yang dapat merusak mesin internal. Lepuh atau bekas terbakar atau glasir pada sumbat bisa menunjukkan bahwa busi berjalan terlalu panas atau mungkin bukan rentang panas yang tepat.

Setiap pabrikan akan menentukan jenis steker tergantung pada karakteristik khusus mesin mereka. Oleh karena itu produsen menyarankan spesifikasi steker standar tergantung pada rentang panas yang diperlukan colokan. Pastikan bahwa Anda menggunakan hanya satu jenis dan membuat ditentukan oleh pabrikan. Menggunakan jenis busi yang salah dapat menyebabkan pengapian yang tidak tepat di mesin dan dalam kasus-kasus ekstrim dapat menyebabkan peledakan. Rasio udara dan bahan bakar dalam campuran yang mudah terbakar masuk ke silinder juga dapat mempengaruhi sumbat Anda.

Campuran Lean akan menghasilkan beban yang berlebihan pada sumbat yang menyebabkan peningkatan keausan. Campuran kaya yang tidak perlu dapat menyebabkan pra-detonasi yang menyebabkan ping katup sehingga merusak katup, piston dan sumbat Anda. Pastikan bahwa rasio udara atau bahan bakar sesuai dengan pengaturan yang direkomendasikan pabrik. Setiap aksesori aftermarket seperti knalpot aliran gratis, penggantian filter, dan yang lainnya juga dapat mempengaruhi rasio. Pastikan Anda mengkalibrasi campuran yang sesuai. Waktu pengapian yang berlebihan juga dapat membakar busi atau menyebabkan erosi berat. Setiap perubahan pada profil camshaft atau lobus cam juga dapat secara tidak langsung mempengaruhi busi.

Anda harus membersihkan busi Anda secara teratur. Sedangkan deposit berminyak atau deposit abu, bersihkan sumbat Anda dengan benar dalam bensin atau minyak tanah dengan sikat kawat dan bersihkan setelah dibersihkan. Jaga elektroda bersih dan sand off bagian logam yang terkikis dengan amplas. Jangan pernah menggunakan sumbat dengan isolator yang terkelupas atau elektroda yang rusak. Anda juga harus memastikan bahwa celah busi diatur dengan benar sesuai dengan pengaturan yang direkomendasikan produsen. Set kesenjangan yang benar mempengaruhi pembakaran dan dengan demikian colokan pada gilirannya. Gunakan alat pengukur rasa untuk memeriksa celah dan setel yang sesuai.

No comments

Powered by Blogger.