Tips Cerdas Memilih Bisnis yang Minim Resiko

Menjalankan bisnis sendiri memang tidak dapat dipungkiri menjadi impian siapa saja, baik yang memiliki karir bagus maupun yang standar saja. Mengapa? Pasalnya lewat bisnis sendiri seseorang bisa merasakan lebih banyak keuntungan dan tidak dijumpai ketika menjadi karyawan. Keuntungan ini memang menjadi daya tarik bisnis sehingga banyak orang mencoba peruntungan untuk menjalankannya. Apalagi jenis bisnis semakin berkembang dengan teknologi yang semakin canggih dan ramah bagi semua kalangan, berbisnis pun semakin mudah untuk ditekuni.
 
 
Namun bukan berarti semakin bebas resiko karena yang namanya bisnis pasti beriringan dengan faktor resiko. Supaya meminimalkan resiko maka Anda bisa memilih bisnis dengan menyimak tips di bawah ini:

1. Memilih bisnis dengan modal yang kecil,

Salah satu keunggulan bisnis skala kecil adalah kebutuhan modal terbatas yang nantinya berimbas pada faktor resiko yang semakin kecil dan terbatas. Memulai langkah di dunia bisnis bisa dari bisnis skala kecil sehingga cari saja bisnis yang bisa dijalankan dengan modal terbatas. Sehingga bisa dimulai kapan saja dan bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan terlebih dahulu.

2. Mencari bisnis yang bisa ditangani sendiri dulu,

Cermat dalam memilih bisnis sangatlah penting dan baiknya untuk menekan resiko di awal Anda merintis bisnis. Dianjurkan memilih bisnis yang bisa dikelola sendiri sehingga sejak awal Anda tidak harus merekrut karyawan. Tujuannya untuk memperkecil resiko bangkrut karena tidak seimbangnya pemasukan dan pengeluaran di masa awal mendirikan bisnis. Jangan sampai malah pengeluaran berasal dari gaji karyawan maka cari bisnis yang memungkinkan untuk dikelola sendiri dulu.

3. Cari produk yang dikenal dan dibutuhkan,


Bisnis yang menarik untuk dijalankan dan memiliki resiko yang minim adalah bisnis produk yang sudah dikenal masyarakat dan produk yang memang dibutuhkan. Misalnya saja Anda memiliki peluang berbisnis jualan baju dan bisnis jualan properti. Dilihat dari minat masyarakat dan daya belinya berjualan baju lebih berumur panjang karena baju adalah kebutuhan pokok siapa saja. Harganya pun terjangkau untuk semua kalangan sehingga perputaran modal lebih cepat dan umur bisnis lebih panjang. Sekalipun keuntungan bisnis properti memang sangat tinggi dibanding bisnis baju.

4. Jalankan bisnis rumahan,


Bisnis dengan resiko kecil juga dimiliki oleh bisnis rumahan jadi cobalah menjalankan bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Ada banyak sekali pilihannya dan bisnis jenis ini memperkecil resiko rugi, kesulitan mencari pelanggan, dan memperkecil kebutuhan modal. Jadi sangat ideal dijalankan oleh kalangan pemula dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi bisnis raksasa. Tentunya setelah dijalankan dengan benar dan sabar sebab yang namanya bisnis paling sulit adalah di masa merintis, sehingga musti teliti.

No comments

Powered by Blogger.