4 Tips Sehat yang Bisa Diterapkan Bagi Lansia yang Aktif Bekerja

Bagi siapapun dijamin akan mengutamakan kesehatan tubuhnya sehingga berusaha untuk menjalankan gaya hidup yang sehat. Hanya saja kesehatan tentu naik turun dengan sangat mudah, terutama bagi para lansia yang memang kondisi tubuhnya tidak seprima sewaktu masih muda. Menariknya tidak semua lansia ini menikmati hari senjanya dengan duduk dan tidur manis seharian di rumah. Beberapa dari mereka pun memilih tetap aktif bekerja baik lewat bisnis kecil-kecilan maupun menjadi pekerja part time dari bidang yang disukainya. 
 

Khusus untuk lansia yang memilih tetap aktif bekerja maka penting sekali untuk memperhatikan gaya hidupnya supaya tetap sehat. Tips berikut tentu sangat membantu untuk tetap sehat:

1. Istirahat dengan cukup,

Menjaga tubuh tetap bugar meski sudah tak lagi muda bisa dengan memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Anda yang sudah menginjak usia kepala lima atau lebih tentu perlu mengatur jam tidur dengan baik. Tidur yang cukup baik bagi kesehatan tubuh, melancarkan peredaran darah, membuat sistem di dalam tubuh semakin lancar, dan menjaga kekebalan alami tubuh. Sehat dan tidak menderita penyakit di usia senja pun bisa didapatkan.

2. Memperbanyak konsumsi air putih,

Semakin tua usia seseorang maka kebutuhan cairan tubuh akan semakin meningkat, maka di usia senja perbanyak minum air putih. Hindari minuman beralkohol maupun berkafein untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit. Air putih yang banyak bisa membantu tetap bugar meski di usia senja masih aktif bekerja. Hal ini bisa terjadi karena saat tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup maka membantu mensuplai oksigen di dalam darah sehingga tubuh menjadi segar.

3. Menjaga pola makan,

Menjaga pola makan secara sehat menjadi jurus abadi bagi siapa saja yang ingin tetap sehat, apalagi bagi lansia. Usahakan selalu menyantap masakan yang kaya nutrisi dan biasakan makan di rumah bukannya jajan di luar. Bisa jadi malah menikmati makanan yang tidak sehat, kemudian cobalah untuk mengurangi dan menghapus kebiasaan makan yang buruk. Mulai dari menghindari makanan yang manis, makanan terlalu padat, dan juga soft drink yang berdampak buruk bagi kesehatan.

4. Tetap rutin berolahraga,


Olahraga juga menjadi bagian penting bagi lansia yang ingin hidup sehat meski masih aktif bekerja. Jenis olahraga yang bisa dinikmati disesuaikan dengan usia, jadi semakin senja usia Anda baiknya menghindari olahraga yang resikonya tinggi. Biasakan saja setiap pagi jalan kaki selama 15 atau 10 menit, kemudian rutin menggerakkan tangan dan kaki, dan lain sebagainya. olahraga ringan bisa membantu tubuh bergerak aktif dan metabolisme terjaga dengan baik sehingga pencernaan lancar dan tubuh pun senantiasa sehat.

No comments

Powered by Blogger.