4 Tips Memanfaatkan Kemajuan Teknologi dengan Arif

Perkembangan teknologi yang terbilang pesat tak pelak membawa perubahan besar pada semua bidang kehidupan. Anda bisa bekerja dengan nyaman memakai komputer yang di dalamnya sudah terinstal program yang sesuai kebutuhan kantor. Kemudian seorang anak sekolah juga bisa mengerjakan tugas dengan mudah berbekal perangkat canggih dan koneksi internet. Teknologi memang memberi kemudahan bagi siapa saja yang memanfaatkannya supaya tidak lagi membuang banyak tenaga, waktu, maupun biaya. Hanya saja ada kalanya teknologi memberi efek negatif bagi penggunanya jika tidak teliti. 


Untuk Anda yang sempat galau karena kehadiran teknologi dalam kehidupan sehari-hari tentunya perlu paham dulu bagaimana memanfaatkannya dengan baik. Beberapa tips berikut tentu menarik untuk dicontoh:

1. Digunakan untuk kegiatan positif,


Teknologi memang menjadi penolong bagi siapa saja namun tidak sedikit yang mempergunakannya untuk hal buruk. Misal menjadi hacker dan mencemarkan nama baik orang lain dan melakukan tindakan tercela lainnya. Secara ideal teknologi baiknya dipakai untuk hal yang positif saja baik bagi diri sendiri maupun orang lain, sehingga tidak rugi sudah memanfaatkannya.

2. Digunakan sesuai waktu dan tempat yang tepat,


Penggunaan teknologi yang memang memberi kemudahan serta hiburan tersendiri bisa menyebabkan overdosis. Hal ini paling mudah terlihat pada penggunaan komputer dan juga gadget, seseorang bisa lepas kontrol dan lebih sering beraktivitas dengan perangkat canggih tersebut. Dibandingkan harus bersosialisasi meskipun hanya mengobrol sebentar dengan orang sekitar bahkan keluarganya sendiri. Tentunya berdampak buruk bagi fisik dan psikis Anda, maka gunakan teknologi ini di waktu dan tempat yang tepat supaya bisa tetap bersosialisasi dengan nyaman.

3. Baiknya digunakan sesuai kebutuhan,

Penggunaan teknologi canggih pun baiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak berlebihan dan justru memberi dampak yang buruk. Misalnya saja Anda hanya memakai teknologi ketika bekerja dan setelah jam kerja habis Anda beraktivitas normal kembali. Tetap pulang naik kendaraan umum atau pribadi dan bercengkrama dulu dengan rekan sekantor. Semua kesibukan yang dilakukan dengan teknologi mustinya tidak dipakai seharian penuh. Bagi waktu Anda untuk beristirahat, bersosialisasi, dan membuat tubuh tetap bergerak seperti masa teknologi masih terbatas.

4. Minimalkan efek buruk teknologi pada kesehatan,


Teknologi bisa mempercepat sebuah pekerjaan kemudian juga bisa menjadikan pekerjaan terasa lebih praktis. Memasak nasi misalnya, tinggal dicuci dan tekan tombol maka dalam beberapa menit sudah matang dan siap disantap. Bandingkan dengan masa dimana teknologi masih terbatas butuh waktu lama dan peralatan cukup banyak untuk mengubah butiran beras menjadi nasi yang pulen. Meski manfaatnya terasa dalam menghemat tenaga dan waktu usahakan tidak berlebihan, jangan sampai malah malas melakukan apapun. Jadi batasi penggunaannya sesuai kebutuhan dan tetap biasakan tubuh bergerak agar tetap sehat.

No comments

Powered by Blogger.