4 Cara Terbaik untuk Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga dengan baik bisa menjadi bekal untuk hidup sejahtera di masa mendatang. Anda dan pasangan pun bisa dengan mudah memberikan pendidikan terbaik pada anak-anak karena urusan biaya sudah diatur jauh-jauh hari. Supaya bisa merasakan kondisi demikian ternyata tidak harus memiliki gaji yang besar, bahkan gaji yang kecil pun mampu mencapai titik tersebut. Kuncinya tentu saja mampu mengatur keuangan dengan baik dan menjauhi sifat boros sekecil apapun tindakan boros tersebut.
 

Besar ataupun kecil jumlah pemasukan bulanan keluarga Anda tentu jangan sampai menghalangi kebutuhan menata keuangan dengan baik. Berikut beberapa cara terbaik mengatur keuangan rumah tangga:

1. Membagi rekening,

Membantu menata keuangan keluarga maka bisa dimulai dengan membuka dua rekening atau lebih. Setiap rekening dipakai untuk kebutuhan berbeda dan berkomitmen tidak mencampur aduk satu sama lain. Jika membuka rekening di bank terlalu sulit dan ribet Anda bisa menyediakan amplop di rumah. Tinggal diberi keterangan mana yang uang belanja, uang tabungan, uang jaga-jaga, dan lain sebagainya. Cara ini memudahkan keluarga memiliki tabungan maupun investasi sejak dini.

2. Menyisihkan uang selembar per hari,


Bagi keluarga yang menerima penghasilan minim maka untuk bisa menabung dan menyiapkan dana jaga-jaga bisa dengan menyisihkan uang belanja. Namun dibagi dulu dalam sehari maksimal belanja harus berapa Rupiah, jika ada sisa jangan dipakai jajan atau apapun. Melainkan segera dialokasikan ke sektor tabungan dan jika mampu selembar sehari otomatis dalam sebulan sudah lumayan. Lebih lumayan lagi jika kebiasaan ini berjalan bertahun-tahun, tidak menutup kemungkinan bisa membeli rumah secara tunai.

3. Mencari hobi yang menghasilkan,


Memperkuat pondasi keuangan keluarga bisa dengan mencari penghasilan tambahan namun jangan terlalu ngoyo. Dianjurkan untuk memilih menjalankan bisnis sampingan dari hobi sehingga hobi Anda bisa membantu melepaskan stress. Sebab memberi rasa senang ketika melakukannya dan kemudian membantu mendapatkan penghasilan tambahan. Nantinya bisa dialokasikan ke tabungan, asuransi, ataupun ke sektor investasi di pasar modal. Hobi ini tentu sudah menjadi pemandangan umum dijadikan bisnis, jadi silahkan dipertimbangkan untuk memperkuat keuangan keluarga.

4. Terbiasa hidup sederhana,


Penghasilan keluarga minim maupun sangat besar bisa jadi tidak memiliki simpanan sama sekali jika terbiasa boros. Disarankan untuk memilih hidup sederhana dan belanja sesuai kebutuhan kemudian tidak mengejar gengsi. Biarkan para tetangga berlomba punya baju bagus, mobil mahal, rumah keren, dan sebagainya. Namun yang jelas kesuksesan finansial ada di tangan Anda dengan jumlah saldo rekening yang berlimpah ruah. Sekalipun rumah sederhana, perabot seadanya, dan mengandalkan kendaraan tua untuk mobilitas keluarga. Hidup sederhana membantu siapa saja menabung lebih banyak sehingga patut dibudayakan.

No comments

Powered by Blogger.