Tips Tepat Menjaga Aki Mobil Agar Tidak Cepat Tekor


Aki mobil merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran yang sangat penting. Aki memiliki fungsi utama aki ini yaitu untuk menyuplai pada daya listrik pada komponen-komponen yang ada pada mobil yang lainnya. Pada saat aki tidak berfungsi dengan baik, maka hal ini pun juga akan mengganggu pada performa mobil Anda juga. Aki sering kali mengalami tekor akibat dari kurangnya perawatan bagi para penggunanya, sehingga hal inilah yang menyebabkan aki pada mobil mengalami tekor.

Banyak sekali penyebab dari aki tekor yang mana hal ini sangat berpengaruh pada tampilan dan performa mobil Anda, sehingga hal inilah yang menjadikan para penggunanya haruslah mengetahui tata cara untuk melakukan perawatan yang tepat dan terbaik pada aki. Dengan melakukan perawatan secara teratur dan dengan cara yang benar, maka hal ini pun juga akan menjadikan aki pada mobil Anda terjaga dengan baik serta pada saat Anda bepergian jarak jauh pun juga tidak terlalu khawatir, karena mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik dan sempurna.

Bagi Anda yang memiliki mobil baru, penting sekali untuk mencegah agar aki tidak tekor dan tidak menjadikan perjalanan Anda terganggu. Karena mengingat bahwa untuk aki yang tekor pun akan menjadikan perjalanan Anda harus terganggu, sehingga hal ini akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga Anda yang terbuang sia-sia. Untuk menjaga agar aki pada mobil Anda tidak mudah tekor, maka Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

Berikut ini tips agar aki mobil tidak tekor, yaitu:

Tips Tepat Menjaga Aki Mobil Agar Tidak Cepat Tekor


1. Perhatikan beban penggunaan.
Anda harus memperhatikan pada beban penggunaan aki dengan cara berkala. Pengecekan yang dilakukan secara rutin dapat berguna untuk mengecek kondisi aki.

2. Bersihkan aki secara berkala.
Bagian aki yang paling penting untuk diperhatikan kebersihannya yaitu pada bagian terminal aki, karena pada bagian inilah yang sering kali terkena kotoran maupun debu.

3. Panaskan mobil secara berkala.
Sebelum Anda menggunakan mobil, maka alangkah baiknya jika Anda memanasi mobil terlebih dahulu sebelum menggunakannya, hal ini berguna untuk menjaga kondisi aki agar selalu dalam kondisi yang baik serta tidak menjadikan aki pada mobil Anda tekor.

4. Ketersediaan listrik pada aki.
Untuk menjaga kualitas aki agar tetap terjaga dengan baik, maka Anda pun juga harus memastikan ketersediaan listrik pada aki. Apabila ketersediaan aki sudah habis, maka Anda dapat untuk mengisi ulang aki pada mobil Anda.

5. Lepaskan aki.
Pada saat mobil tidak digunakan, maka Anda dapat untuk melepas aki untuk menghindari aliran listrik secara terus menerus.

6. Pilihlah aki kering yang memiliki kualitas terbaik.
Apabila Anda menggunakan aki kering, maka Anda dapat untuk memilih aki yang memiliki kualitas terbaik.

Dengan menjaga keenam langkah yang ada di atas maka tidak hanya menjadikan aki pada mobil Anda dapat terjaga dengan baik saja, akan tetapi kenyamanan Anda saat mengendarai mobil pun juga akan merasakan kenyamanan selama berada di perjalanan. Sedangkan untuk melakukan perawatannya pun juga sangatlah mudah sehingga tidak akan memakan banyak tenaga dan waktu Anda.

Jika Anda pandai dalam melakukan perawatan aki mobil Anda secara berkala dengan cara yang benar, maka Anda pun juga tidak akan menjumpai aki yang tekor akibat dari kurangnya melakukan perawatan yang salah dan tidak dilakukan secara teratur. Agar aki pada mobil tetap terjaga dengan baik dan optimal, maka Anda dapat untuk mengikuti pada beberapa langkah yang ada di atas.

No comments

Powered by Blogger.