Tips Menjalani Bisnis Jual Sparepart Mobil Bekas

Membeli mobil mungkin bagi sebagian orang akan terasa mudah, namun yang akan membuat berat adalah biaya perawatan yang harus dilakukan selama mobil tersebut digunakan, mahalnya harga sparepart mobil baru yang harus dibeli apabila terjadi kerusakan pada mobil yang dimiliki, terkadang harus membuat seseorang yang memiliki mobil berputar otak dan mengakalinya dengan membeli sparepart bekas yang sesuai dengan mobil yang mereka miliki. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi dasar bagi seseorang untuk meraih keuntungan dari bisnis jual sparepart mobil bekas.


Untuk dapat menjalankan bisnis ini, modal utama yang harus Anda miliki adalah pengetahuan tentang seluk beluk mobil. Ada baiknya Anda memperdalam terlebih dahulu pengetahuan Anda mengenai seluk beluk mobil mulai dari jenis-jenis sparepart mobil serta fungsi dan kegunaan dari sparepart mobil tersebut. belajarlah mengenai dasar-dasar dari sparepart yang biasa dicari orang untuk digunakan sebagai pengganti pada kerusakan yang umum terjadi pada sebuah mobil. Untuk bagian yang lebih detail serta sparepart-sparepart kecil yang mungkin ada pada mobil, Anda dapat mempelajarinya sembari menjalankan bisnis ini.

Hal dasar kedua yang harus Anda miliki adalah kemampuan dalam membangun sebuah jaringan relasi. Dalam sebuah bisnis kemampuan ini memang sangat dibutuhkan untuk dapat membuat sebuah produk menjadi dikenal dan dibeli oleh konsumen. Jalin lah relasi dan kerjasama dengan beberapa bengkel agar mereka menjadikan tempat penjualan sparepart Anda sebagai tempat rujukan dalam mencari sparepart mobil bekas. Jika Anda menjalin relasi yang baik dengan beberapa bengkel, maka secara tidak langsung Anda telah membangun sistem marketing yang baik dalam usaha Anda, karena memang bengkel tersebutlah yang akan menghubungkan Anda dengan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu bengkel juga merupakan tempat Anda memperoleh sparepart bekas yang akan Anda jadikan barang dagangan nantinya.

Hal lain yang harus diperhatikan ketika Kita memutuskan untuk memulai bisnis jual sparepart mobil bekas, antara lain adalah:

  1. Pemilihan lokasi usaha, pilihlah tempat usaha yang strategis dan banyak dilalui oleh pengguna mobil dan mempunyai akses yang mudah untuk dijangkau.
  2. Perlengkapan usaha, sedapat mungkin lengkapilah usaha Anda tersebut dengan beberapa peralatan dan perlengkapan yang mungkin banyak digunakan sebagai alat dalam pergantian sparepart, karena biasanya sebagian orang akan meminta tolong secara langsung untuk menggantikan sparepart pada bagian yang mudah.
  3. Penataan barang atau sparepart bekas, sedapat mungkin buatlah etalase ataupun susunan penataan barang dagangan yang rapi sehingga tidak membuat kesan toko Anda menjadi kumuh meskipun Anda menjual sparepart bekas. Bersihkan dan poles lah terlebih dahulu sparepart bekas, agar terlihat bersih dan kinclong hingga menyerupai sparepart baru.

Dalam menjalankan bisnis ini, mungkin Anda akan mengeluarkan beberapa modal yang dengan besaran yang lumayan. Selain untuk menyewa tempat usaha, modal tersebut juga akan Anda gunakan dalam pembelian sparepart-sparepart bekas yang akan Anda gunakan sebagai barang dagangan. Namun demikian modal tersebut akan sebanding dan kembali dengan cepat karena banyaknya orang yang saat ini memiliki mobil, namun hanya mempunyai biaya terbatas dalam perawatannya.

Dalam menjalankan bisnis jual sparepart mobil bekas ini, Anda juga berhati-hati dan jangan sembarangan dalam membeli sparepart bekas dari orang yang tak dikenal. Maraknya aksi pencurian mobil saat ini menjadi alasan utama bagi Kita untuk terus waspada dalam menjalankan bisnis ini. Jangan sekali-kali menerima sparepart bekas yang tak jelas asal usulnya. Pastikan Anda hanya menjalin relasi dengan bengkel-bengkel yang terekomendasi.

No comments

Powered by Blogger.