Takut Tagihan Listrik PLN Setiap Bulan Membengkak? Lakukanlah Hal Ini!

Saat ini, masyarakat Indonesia menganggap listrik sebagai sesuatu yang penting, hingga jika tidak ada listrik, maka semuanya yang ada di dalam kehidupan mereka terasa aneh dan tidak nyaman. Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, manusia saat ini tidak bisa terlepas dari pemakaian gadget mereka setiap harinya. Karena itulah, setiap harinya listrik yang digunakan Indonesia jumlahnya sangat besar. begitu pula dalam suatu rumah, pasti semakin banyak mereka memakai listrik, maka semakin besar juga tagihan listrik PLN nya. Untuk membuat Anda hemat dalam membayar sumber daya tersebut, Anda perlu menerapkan beberapa hal. Berikut ini adalah cara untuk menghemat pemakaian listrik dan membuat tagihannya tidak besar sekali:


Cabut Kabel dan Saklar jika Tidak Digunakan

Jangan pernah Anda membiarkan peralatan yang memakai kabel selalu terpasang pada sakelar listrik jika tidak digunakan. Ada pula yang memiliki kebiasaan untuk meninggalkannya dalam keadaan tertancap pada saklar listrik. Meski dalam keadaan tidak menyala, namun listrik tetap mengalir pada kabel peralatan tersebut. Hal ini membuat listrik Anda mubadzir dan tagihannya akan tetap sama mahalnya. Hal ini menjadi percuma. Jadi akan lebih baik untuk Anda selain mematikan peralatan tersebut, cabut juga kabel-kabelnya dan matikan lampu saklar, jika bisa dimatikan, atau mencabutnya.

Pakai Pulsa atau Token

Saat ini, listrik pun sudah berevolusi. Jika dulu kita memakai dahulu baru membayarnya pada bulan berikutnya, maka saat ini listrik pun sudah dijadikan seperti pulsa telepon genggam. Memang terkesan akan merepotkan, namun hal ini mampu untuk menjaga tagihan listrik PLN Anda jadi tidak boros. Anda bisa membuat perencanaan memakai listrik serta menghitung besar listrik yang dipakai setiap bulannya dan mana yang bisa dikurangi. Jika pulsa habis, maka listrik akan padam atau terputus. Namun jika mengisinya lagi, maka listrik akan langsung menyala kembali. Pulsa atau token ini bisa Anda beli di beberapa situs jual beli online terpercaya.

Matikan Lampu

Meski pun terlihat sepele, namun nyatanya pemakaian lampu ini juga mampu membuat tagihan Anda membengkak. Gunakan lampu jika memang benar-benar dibutuhkan saja, jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik mematikannya. Terutama pada siang hari, dimana ada sinar matahari yang cukup untuk menerangi ruangan di dalam rumah. Selain itu, pakailah lampu yang memang bersifat ramah lingkungan dan usahakan ada sebanyak 2 lampu yang Anda matikan pada pukul 5 sore sampai 8 malam. Hal ini sudah terbukti mampu membuat tagihannya sedikit lebih enteng dari biasanya.

Gunakan AC Seperlunya

Pendingin ruangan atau yang kerap disebut AC memang memakan banyak tenaga listrik dalam sekali menyalanya. Untuk itu, Anda perlu memilih AC yang sifatnya hemat listrik dan yang dapat mati sendiri jika tidak ada orang di ruangan tersebut. Selain itu, sesuaikan jumlah orang dengan suhunya, jangan membuatnya terlalu dingin karena akan menyerap daya yang cukup banyak. Akan lebih baik jika AC dipakai ketika akan tidur dan ada tamu yang berkunjung saja.

Matikan Elektronik saat Tidur

Saat Anda akan tidur, pastikan bahwa semua barang elektronik yang Anda miliki sudah dimatikan. Barang tersebut adalah seperti TV, gadget yang sedang diisi baterainya, dan lain sebagainya. Hal ini mampu membantu agar tagihan listrik PLN Anda tidak lagi membengkak. Selain hal ini untuk mengirit, namun hal ini juga akan membuat Anda lebih aman, terutama gadget yang sedang diisi dapat memberikan resiko yang berbahaya untuk Anda.

No comments

Powered by Blogger.