Mengulas Tentang Manajemen Keuangan Sederhana Saat Digempur Promo Diskon Lebaran

Tidak terasa jika bulan puasa sudah sebentar lagi datang. Bulan puasa memang menjadi waktu yang banyak dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Jika ada bulan puasa, maka tentu identik dengan diikuti dengan Lebaran. Momen Lebaran tentu menjadi momen yang amat sangat ditunggu. Pembelanjaan hingga berbagai persiapan tentu harus Anda lakukan jika hadapi bulan puasa. Namun biasanya ada yang menjadi musuh tapi sekaligus teman besar yakni promo diskon Lebaran yang menggoda.

Jika dipandang secara sekilas saja, sebetulnya promo dan diskon Lebaran ini memang terlihat menguntungkan. Alasannya tentu Anda bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan namun dengan harga yang lebih miring sehingga menjadikan Anda bisa hemat sebagian besar uang Anda. Meski kerapkali sudah diantisipasi sebelumnya, namun entah kenapa banyak sekali orang yang seolah kecolongan dimana mengeluarkan uang yang angkanya sangat besar untuk persiapan Lebaran Anda.

Jika memang Anda kerapkali terjebak dalam kondisi demikian, maka ada baiknya jika Anda mulai menerapkan manajemen keuangan yang baik ketika menghadapi Lebaran. Memang promo diskon Lebaran sangat menggoda, namun ada baiknya hadapi Lebaran dengan tips bijak berikut ini:

Mengulas Tentang Manajemen Keuangan Sederhana Saat Digempur Promo Diskon Lebaran


1. Kontrol anggaran
Untuk idealnya, sebelum puasa datang, biasanya sudah ada anggaran tersendiri berapa uang yang akan Anda habiskan untuk persiapan Lebaran tahun tersebut. Untuk bisa memperjelas budget, maka ada baiknya Anda mencatat apa saja yang dibutuhkan selama Lebaran itu. Sisihkan saja pendapatan Anda untuk kebutuhan dan alokasi budget tersebut. Belanja kebutuhan pokok menjadi hal terpenting, ada juga baju, memberi uang saku untuk keponakan dan lainnya, semua harus dicatat dengan jelas.

2. Selektif dalam keuangan
Bulan puasa tentu menjadi bulan yang sangat tepat untuk Anda bisa menahan diri dari ragam godaan yang ada. Namun entah kenapa banyak juga orang yang balas dendam ketika menjelang Lebaran. Kini mulailah belajar untuk bisa menahan diri dalam hal keuangan. Caranya adalah dengan bisa selektif dalam pos pengeluaran di keuangan Anda. Mungkin terasa tak berpengaruh, namun nantinya tetap akan terasa pengaruhnya.

3. Atur jadwal belanjanya
Konsumtif saat lebaran memang sangat lumrah. Meski demikian, Anda tetap bisa konsumtif tapi menguntungkan. Caranya adalah dengan atur jadwal belanjanya. Usahakan untuk persiapan belanja sejak bulan puasa. Misalnya saja Anda ingin beli baju untuk Lebaran, maka Anda bisa membelinya sebelum puasa tiba atau saat puasa awal. Alasannya karena baju ketika jelang lebaran harganya kian mahal dengan pilihan terbatas. Rugi bukan?

4. Kreatif
Untuk bisa meminimalkan pos pengeluaran, ada baiknya jika Anda juga bisa kreatif dan inovatif. Contoh mudahnya adalah dibanding membeli kue lebaran dengan harga ratusan ribu per kilo, maka Anda bisa kreatif dengan membuat kue Anda sendiri. Kreativitas pun juga bisa dalam bentuk lainnya juga, yang jelas untuk tujuan hemat pengeluaran.

5. Maksimalkan waktu
Bulan puasa mengundang banyak sekali peluang. Anda pun bisa memanfaatkan momen ini sebagai salah satu cara menambah penghasilan. Anda bisa menjual kue buatan sendiri, reseller pakaian muslim dan lainnya sebagai bisnis sampingan.

Itulah beberapa tips untuk manajemen waktu ketika jelang Lebaran tiba. Promo diskon Lebaran memang banyak menggempur, terutama dari situs belanja online. Meski demikian bukan berarti ini jadi alasan untuk Anda untuk bisa hamburkan uang sepuas hati begitu saja. Jadi, bijaklah dalam pengelolaan uang.

No comments

Powered by Blogger.