Ini Dia Keunggulan Busi Iridium Mobil yang Harus Anda Ketahui

Bagi Anda pemilik mobil memiliki komponen mobil yang berkualitas akan sangat bagus untuk kinerja mobil. Salah satu komponen mobil terpenting untuk sistem pengapian adalah dari busi. Dalam dunia otomotif ada sebuah busi yang kita kenal dengan busi iridium. Tentu Anda tahu dengan busi iridium mobil bukan?. Busi yang satu ini memang terkenal cukup mahal, dikarenakan beberapa kelebihan yang dimilikinya sehingga lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan busi biasa. Salah satu perbedaan yang mendasar adalah jika busi biasa menggunakan komponen elektroda biasa, maka jenis busi iridium menggunakan bahan iridium di ujung elektrodanya.

Busi iridium adalah busi dengan ujung inti elektroda yang terbuat dari bahan-bahan seperti iridium alloy. Busi yang satu ini mampu menghasilkan konduksi dengan sangat baik serta tahan terhadap kondisi panas hingga titik meleleh mencapai 2500 derajat Celscius. Hal inilah yang menyebabkan ujung inti dari busi elektroda dibuat dengan sangat kecil berukuran 0,4 mm bahkan dianggap terkecil di dunia.

Ujung dari inti elektroda yang runcing akan membuat percikan api lebih fokus pada satu titik saja sehingga lebih stabil dan bisa mengurangi ketegangan listrik dengan sangat baik. Selain itu busi iridium juga mampu mengurangi beban sistem nyala mesin karena tegangan listrik yang kecil, sehingga proses pembakaran ke mesin semakin sempurna. Karena beberapa kelebihan inilah besi iridium banyak dicari oleh pemilik kendaraan yang menginginkan performa mobilnya maksimal.

Berikut ini beberapa keunggulan busi iridium mobil dibandingkan dengan biasa, yaitu:

Ini Dia Keunggulan Busi Iridium Mobil yang Harus Anda Ketahui

1. Tahan terhadap panas.

Seperti yang kita ketahui busi yang satu ini mampu bertahan sampai suhu mencapai 2500 derajat Celcius

2. Pengapian lebih fokus.

Dengan ujung dari inti elektroda yang dibuat runcing sehingga membuat percikan api lebih fokus pada satu titik saja.


3. Tegangan lebih rendah.

Busi iridium hanya memerlukan tegangan yang kecil untuk menghasilkan api sehingga mencegah terjadinya gagal starter.

4. Pembakaran lebih sempurna.

Pembakaran pada mobil lebih presisi, konsisten dan efisien sehingga membakar bahan bakar mobil lebih sempurna.

5. Meningkatkan responsive.

Busi iridium dapat meningkatkan respon terhadap gas mobil saat kondisi pelan maupun kencang.

6. Lebih irit bahan bakar.

Jika ingin menghemat biaya bahan bakar, penggunaan busi iridium sangat tepat. Busi yang satu ini mampu melakukan pembakaran yang sempurna dan gas lebih responsive, sehingga membuat mobil lebih irit bahan bakar.

7. Tahan lama.

Keunggulan yang lain adalah lebih awet 10 kali lipat dari busi biasa lainnya sehingga Anda tidak harus melakukan pembelian busi baru yang tentu akan mengeluarkan biaya lagi.

8. Performa yang maksimal.

Penggunaan busi iridium akan membuat tarikan gas mobil menjadi lebih ringan dan dengan pembakaran yang sempurna performa mobil juga lebih sempurna.

Harga yang ditawarkan untuk busi iridium mobil memang sedikit mahal, namun cukup sesuai jika melihat beberapa keunggulan yang dimilikinya. Tipe yang diusung oleh busi iridium adalah busi semi racing sehingga sangat baik untuk performa yang sempurna. Busi yang satu ini bisa kita dapatkan dengan mudah di bengkel, toko-toko perlengkapan mobil hingga toko online. Untuk beberapa harga yang ditawarkan di pasaran untuk besi yang satu ini berkisar dari Rp100.000,- hingga Rp250.000,-. Berbanding terbalik dengan busi biasa yang bisa diperoleh dengan harga Rp28.000,- hingga Rp40.000,- saja.

No comments

Powered by Blogger.