5 Langkah Mencuci Karpet Mobil dengan Benar dan Efektif

Bagi beberapa orang area karpet mobil bukanlah area yang penting sehingga lebih fokus untuk mengurus perawatan mesin mobil tersebut. Padahal dengan kondisi interior mobil inilah seseorang bisa dinilai apakah termasuk jorok atau benar-benar peduli dengan kebersihan. Interior mobil yang terjaga kebersihannya dijamin akan meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang yang ada di dalamnya. Jadi, jangan sampai Anda perlu order karpet khusus mobil lagi di toko online gara-gara tidak dirawat dengan semestinya.

Bentuk perawatan pada karpet khusus mobil ini ada beberapa macam dan salah satu yang cukup vital adalah dengan membersihkannya. Berhubung karpet ini bukanlah interior berjenis elektronik maka membersihkan bagian ini bisa dengan mencucinya. Akan tetapi pahami dulu langkah-langkah mencuci bagian ini sebab tidak sedikit yang melakukan kesalahan sehingga tidak bersih maksimal bahkan membuat karpet tersebut rusak parah. Sama saja Anda musti membeli karpet yang baru dan harganya tidak murah.

Langkah-langkah Mencuci Karpet di Mobil 

5 Langkah Mencuci Karpet Mobil dengan Benar dan Efektif


Karpet ini perlu dicuci dengan langkah yang benar supaya bersih maksimal dan menjadikannya tahan lama. Maka perhatikan langkah-langkah berikut pada saat mencucinya:


1. Bereskan dulu segala pernak-pernik di mobil, 

Sebelum mencuci karpet di mobil maka usahakan untuk membereskan area interiornya terlebih dahulu. Ambil semua pernak-pernik yang terdapat di dalam kabin kemudian bersihkan dengan sapu kecil untuk kerikil dan gumpalan tanah yang ada di atas karpet tersebut supaya tidak mengganggu saat dicuci nanti.


2. Keluarkan alas lantai di mobil, 

Supaya karpet mobil yang akan dibersihkan bisa maksimal maka angkat alas lantai yang terdapat di atasnya. Alas ini berbeda dengan karpet yang umumnya terbuat dari material karet sintetis dan memiliki motif berlekuk atau agak kasar. Setelah dikeluarkan barulah Anda bisa menyapu area karpet untuk membuang semua kotoran yang terbilang besar. Sekaligus mengurangi lapisan debu yang terdapat pada karpet tersebut.

Ini Dia 4 Trik Mudah untuk Temukan Karpet Mobil Terbaik

3. Gunakan mesin penyedot debu, 

Setelahnya gunakan mesin penyedot debu untuk membersihkan area karpet ini secara maksimal, sehingga tidak ada lagi debu yang bisa ditemukan. Pada saat memakai alat pembersih ini pastikan menyedot seluruh bagian karpet dan bagian bawah interior mobil Anda. Tujuannya untuk menghindari adanya debu ataupun kotoran berukuran mikro lain yang tertinggal, sehingga menjadikan mobil bersih maksimal. Anda bisa mempergunakan mesin penyedot debu khusus untuk mobil supaya lebih mudah digunakan.


4. Teliti memilih sampo dan sikat karpet, 

Khusus untuk sampo karpet Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasaran, bahkan ke toko online sekalipun. Pilihannya ada banyak dan mayoritas menggunakan bahan yang sama dan prosedur pemakaiannya pun tidak jauh berbeda. Sehingga dapat dikatakan pilihan manapun yang diambil sama baiknya, bahkan Anda bisa menggunakan detergen yang dipakai untuk mencuci baju. Kemudian untuk sikat pilih yang bulu sikatnya lembut untuk mencegah bulu pada karpet ikut terangkat dan menjadi tipis lalu berlubang.

5. Bilas dan keringkan secara alami, 

Usai dicuci memakai sampo maupun detergen tadi usahakan untuk dicuci dengan gerakan melingkar. Tujuannya untuk mengangkat kotoran pada karpet secara maksimal bukannya maju ataupun mundur. Setelah selesai segera bilas dengan air bersih, dan kemudian tunggu beberapa lama hingga kering. Kalau kurang sabar bisa mengeringkannya memakai pengering rambut namun efeknya bisa kurang bagus untuk karpet tersebut. Idealnya karpet mobil yang sudah dicuci dibiarkan kering secara alami.

No comments

Powered by Blogger.