5 Jenis Perabotan Rumah Tangga yang Wajib Ganti Secara Berkala

Dalam sebuah bangunan, khususnya adalah tempat tinggal pastinya akan ditempati dengan berbagai jenis perabotan rumah tangga bukan. Khususnya Anda yang juga mencintai desain interior, tentunya pemilihan akan mempertimbangkan banyak hal, mulai dari ukuran, motif hingga warnanya. Bagi Anda yang membeli rumah dalam bentuk jadi, pastinya akan sibuk mengisi setiap bagiannya dengan furniture tersebut bukan. Banyak hal mulai dari yang ditempatkan pada ruang tamu, hingga furniture pada ruang makan dan juga kamar.


Karena pada dasarnya setiap furniture ini memiliki fungsi yang berbeda-beda dan juga penting dalam menunjang kenyamanan pada saat menggunakannya. Beragam jenis perabotan umumnya memiliki masa pakai yang sangat lama, sebut saja diantaranya adalah kursi ataupun juga meja, hingga lemari. Kualitasnya ini sangat ditentukan dari bahan pembuatannya. Biasanya furniture yang terbuat dari bahan kayu, selain menunjang nilai estetika nya, juga sangat menunjang ketahanannya, ia bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Bahkan puluhan tahun tanpa rusak, inilah sebabnya banyak orang yang menjadikan furniture sebagai produk investasi mereka.

Hanya saja selain jenis perabotan rumah tangga yang tahan lama, hingga puluhan tahun, kenyataannya jug ada beberapa jenis perabot yang wajib ganti, khususnya dalam masa penggunaan selama beberapa waktu saja, dengan alasan kebersihan dan juga kesehatan, diantaranya adalah:

Kasur, jenis kasur seperti apa yang Anda gunakan untuk tidur, apakah produk kasur yang terbuat dari bahan kapuk bahan busa atau mungkin bahan yang lainnya. keberadaan bahan ini ternyata sangat mempengaruhi lama waktu ideal penggunaan kasur di rumah. Sebut saja bahan kapuk, maka ia bisa tahan digunakan sampai 2 hingga 4 tahun saja. Sedangkan busa justru harus lebih sering-sering diganti. Paling tidak 1 tahun sekali, agar tidak menyebabkan penyakit.

Bantal dan guling, serupa dengan kasur, pastinya ketika tidur Anda juga menggunakan alat yang satu ini, bantal guling ini berhubungan dengan kenyamanan ketika istirahat, sehingga paling tidak gunakan yang berkualitas, bagian dalamnya empuk, jika sudah tidak empuk lagi ganti dengan yang baru, kasur atau guling yang keras akan membuat kualitas tidur Anda semakin buruk.

Rice cooker, alat yang satu ini digunakan dalam memasak nasi secara cepat, karena mengandalkan produk elektronik. Namun sering kali masyarakat tidak sadar bahwa rice cooker mereka juga dapat memicu penyakit. Salah satunya ketika sudah terlalu lama dipakai, karena bagian pelapis yang ada di dalamnya sudah mulai mengelupas, harus diganti dengan yang baru.

Handuk, dipakai ketika mandi untuk kebutuhan mengeringkan badan, karena kondisinya selalu lembab, perlengkapan yang satu ini akan sangat rentan terhadap munculnya kuman penyebab penyakit, selain harus lebih sering dicuci, juga wajib bagi Anda dalam menggantinya secara teratur.

Kulkas, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengganti kulkas dengan yang baru? Kenyataannya memang banyak orang yang senang memakai kulkas hingga puluhan tahun, asalkan masih bisa digunakan mata tidak akan diganti. Padahal sebenarnya rentan waktu ideal pemakaian hanya 7 hingga 10 tahun saja, karena bagian pendingin sudah mulai tidak bekerja sesuai dengan baik, apalagi bagian yang digunakan untuk mencegah timbulnya kuman atau bakteri berkembang dalam makanan.

Itulah 5 jenis perabotan rumah tangga yang ada masa pakai nya dan segera harus diganti dengan baru. Jangan sepelekan penggantian, karena berpengaruh untuk kesehatan Anda.

No comments

Powered by Blogger.